Melihat Statistik Blog di Blogger

Artikel kesempatan ini mengulas perihal Melihat Statistik Blog di Blogger. Juga sebagai blogger yang perduli dengan blognya, alangkah sebaiknya kita senantiasa mencermati perubahan situs (blog) dengan memonitor statistik trafik sehari-hari bahkan juga setiap waktu. Hal semacam ini sangatlah dianjurkan untuk yang memiliki situs (blog) yang terkait dengan usaha on-line, hingga memonitor tiap-tiap trafik yang menuju blognya seperti mengkalkulasi pendapatan yang bisa dicapai.
blog,statistik,trafik,meningkatkan trafik,blog traffic,traffic,bisnis online,blogger,statistik blog,melihat,meningkatkan
Untuk anda yang mempunyai blog di Blogger, anda dapat lansung memantau statistik blog anda lansung dari dashbor blog anda. Begini caranya.
  1. Login ke Blogger, pilih blog yang akan dilihat statistiknya.
  2. Secara instan anda dapat melihat lansung pada Ikhtisar blog anda. Namun hanya ditayangkan jumlah penayangan hari ini dan sumber lalu lintas teratas.
  3. Untuk dapat melihat lebih lengkap anda dapat memilih menu Statistik. Disana anda dapat melihat :
    • Dari bagian atas anda dapat melihat tombol refresh(memuat ulang statistik), pilihan waktu penampilan statistik dari Sekarang, Hari, Minggu, Bulan, dan Setiap saat(pilih waktu yang anda inginkan untuk menampilkan statistik blog anda pada waktu itu).
    • Setelah itu anda dapat melihat gambar grafik statistik blog anda beserta ringkasan jumlah penayangan dari hari ini, kemarin, bulan lalu, dan sepanjang waktu(untuk menghindari penayangan dari browser anda, anda hanya perlu klik link Jangan lacak tayangan laman Anda sendiri --> Pilih opsi Jangan lacak tayangan laman saya).
    • Selanjutnya anda dapat melihat statistik Pos yang menampilkan beberapa artikel/entri yang mendapatkan jumlah penayangan terbanyak(sesuai dengan waktu yang anda pilih), anda juga dapat melihat artikel/entri lainnya dengan klik link Yang lain»(Anda akan diarahkan ke Statistik --> Pos, disana anda dapat melihat statistik penayangan artikel sekaligus laman).
    • Selanjutnya anda dapat melihat Sumber Lalu Lintas, anda dapat melihat beberapa URL yang paling banyak merujuk ke blog anda(sesuai dengan waktu yang anda pilih), lebih lengkapnya anda dapat klik link Yang lain»(Anda akan diarahkan ke Statistik --> Sumber lalu lintas, disana anda dapat melihat URL Perujuk, Situs Perujuk, dan Telusuri Kata Kunci, semuanya disertai dengan jumlah penayangan).
      Penjelasan tambahan
      URL Perujuk
      adalah link yang mengarah ke blog anda(menuju artikel atau laman blog anda
      ).
      Situs Perujuk adalah situs yang mengarah ke blog anda.
      Telusuri Kata Kunci adalah kata kunci yang ditelusuri orang dengan mesin telusur yang akhirnya mengarah ke blog anda.
    • Terakhir adalah Pemirsa, pada ikhtisar hanya ditampilkan gambar peta yang memberitahu asal orang-orang yang mengunjungi blog anda, untuk lebih lengkapnya klik link Yang lain»(Anda akan diarahkan ke Statistik --> Sumber lalu lintas, disana anda dapat melihat Penayangan menurut Negara, Penayangan menurut Browser, dan Penayangan menurut Sistem Operasi, semuanya disertai dengan jumlah penayangan).
      Penjelasan tambahan
      Penayangan menurut Negara akan menampilkan nama negara asal pengunjung blog anda(disertai gambar grafik).
      Penayangan menurut Browser akan menampilkan nama browser yang dipakai oleh pengunjung blog anda saat mengunjungi blog anda(disertai gambar grafik).
      Penayangan menurut Sistem Operasi akan menampilkan nama sistem operasi yang dipakai oleh komputer si pengunjung saat mengunjungi blog anda(disertai gambar grafik).
Bagaimana menurut anda? sudah cukup lengkap bukan statistik yang diberikan oleh Blogger untuk blog anda. Anda dapat menggunakan statistik ini sebagai pedoman untuk pengembangan blog anda. Sekian artikel tentang Melihat Statistik Blog di Blogger, semoga bermanfaat bagi kita semua.

3 Responses to "Melihat Statistik Blog di Blogger"

  1. Terimakasih , sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya

    BalasHapus
  2. Gimana cara mengaktifkan telusuri kata kunci gan? di blog saya tidak pernah terlihat..trims

    BalasHapus