Fungsi Edit Post Blogger

Artikel kesempatan ini mengulas perihal Fungsi Edit Post Blogger. Waktu anda mau menulis suatu artikel di Blogger, anda bakal memakai suatu editor, editor ini memiliki fitur-fitur yang bermanfaat menolong anda menulis. Apa sajakah fitur-fitur post editor di Blogger itu?
blogger,editor,google,fitur,artikel,tulisan

MODE COMPOSE

Blogger,editor,fitur-fitur,tulisan,konten
Klik gambar untuk memperbesar
Gambar diatas adalah fitur-fitur yang tersedia pada editor dengan mode Compose. Mari kita bahas satu persatu. Silahkan disimak.
  1. Ikon bagian kiri adalah Undo yang berguna untuk mengembalikan suatu keadaan dimana anda telah memasukkan teks atau gambar kedalam editor kembali ke keadaan sebelum anda memasukkan teks atau gambar tersebut. Sedangkan ikon bagian kanan adalah Redo merupakan kebalikan dari Undo.

  2. Dimulai dari kiri ke kanan, yang pertama adalah ikon F(Font) yang memberikan anda pilihan beberapa font yang dapat anda pakai untuk menulis, secara default anda menggunakan Default Font. Yang kedua adalah ikon TT(Font size) yang memberikan anda pilihan berbagai macam ukuran font yang dapat anda gunakan untuk menulis. Yang terakhir adalah kotak pilihan Headings/Format yang memberikan anda berbagai macam heading font, anda dapat mencobanya satu persatu untuk melihat bentuk font sesuai dengan heading yang anda pilih.

  3. Dimulai dari kiri ke kanan, yang pertama adalah ikon B(Bold) yang berguna membuat tulisan yang anda pilih(di block) atau saat anda telah klik ikon B lalu menulis, tulisan tersebut menjadi tebal. Yang kedua adalah ikon I(Italic) yang membuat tulisan anda menjadi miring, penggunaannya sama seperti diatas. Yang ketiga adalah ikon U(Underline) yang membuat tulisan anda digaris bawahi, penggunaannya sama seperti diatas. Yang terakhir adalah ikon ABC(Strikethrough) yang membuat tulisan anda dicoret, penggunaannya sama seperti diatas.

  4. Ikon bagian kiri adalah Text color yang berisi berbagai macam variasi pilihan warna teks yang dapat anda gunakan untuk menulis(contoh : abc). Ikon bagian kanan adalah Text background color yang berisi berbagai macam variasi warna latar belakang teks yang dapat anda gunakan untuk menulis(contoh : abc).

  5. Dimulai dari kiri ke kanan, yang pertama adalah Link yang berguna membuat tulisan yang anda pilih(di block) menjadi link menuju halaman lain. Yang kedua adalah Insert image, berguna untuk memasukkan gambar kedalam editor. Yang ketiga adalah Insert a video, berguna untuk memasukkan klip video kedalam editor. Yang terakhir adalah Insert jump break, berguna untuk menyembunyikan tulisan yang anda buat setelah anda telah memasukkan jump break sebelumnya(sama halnya seperti read more yang membuat pengunjung hanya dapat membaca tulisan anda secara lengkap setelah meng-klik tombol read more, untuk informasi lebih jelasnya anda dapat mengunjungi halaman ini, *tidak tersedia dalam bahasa indonesia).

  6. Dimulai dari kiri ke kanan, yang pertama adalah Alignment berguna untuk mengarahkan jajaran kalimat/paragraf seperti ke kanan, kiri, tengah, dan sejajar kanan kiri. Yang kedua adalah Numbered list berguna untuk mensortir kalimat dengan angka, contohnya seperti penjelasan yang saya buat ini. Yang ketiga adalah Bullet list berguna untuk mensortir kalimat dengan bulatan. Yang keempat adalah Quote yang berguna membuat kalimat yang anda pilih(diblock) menjadi seperti ini.
    contoh kalimat yang diberi fitur quote, bentuknya berbeda-beda tergantung kode blockquote yang berada dalam template blog anda. 
    Yang terakhir adalah Remove formatting berguna untuk menghilangkan segala bentuk format yang anda pakai terhadap tulisan anda(merujuk ke fitur-fitur editor), contoh sederhananya adalah jika anda telah menggunakan fitur Bold, numbered list, Italic, atau fitur lainnya pada suatu kalimat maka jika anda menggunakan Remove formatting maka fitur-fitur tersebut hilang.

  7. Fitur terakhir adalah Check spelling, jika anda menggunakan fitur ini maka setiap kalimat yang digaris bawahi dengan garis merah/atau tidak sesuai dengan kamus akan diperjelas dengan latar belakang kuning.
    *tentunya disalahkan karena bukan bahasa inggris.

    MODE HTML


    blogger,html,kode,editor

    Dengan melihat gambar diatas, pasti anda telah mengetahui apa saja fitur-fitur editor pada mode HTML, anda hanya perlu melihat penjelasannya diatas.

    Semoga artikel tentang Fungsi Edit Post Blogger dapat menambah referensi pengetahuan anda tentang Blogger.

    0 Response to "Fungsi Edit Post Blogger"

    Posting Komentar